Ad Section

10 Alasan Mengapa “Haram” Untukmu Melewatkan Kesempatan Student Exchange

Sudah dari dulu sih yang namanya student exchange atau pertukaran pelajar itu bernilai prestisius. Saking prestisius dan berharganya, banyak dari para pelajar yang malah tidak berani untuk mengambil kesempatan itu. Pun di sekitar kita banyak yang ngebet banget dan berjuang untuk mendaftar, entah kenapa gak tertarik (mungkin karena gak pede juga kali ya). Tapi anehnya, saat teman yang lain lolos seleksi dan berangkat ke luar negeri, justru kitanya yang malah jadi iri (eh, ini sebenarnya gimana sih, wkwk).

Well, jika kamu berpikiran mendaftar dan mengikuti program pertukaran pelajar itu susah, itu berarti kamu kurang update sudah. Pasalnya, saat ini banyak sekali beasiswa student exchange yang bisa kamu lamar untuk mewujudkan impianmu bisa short course di luar negeri. Namun sebelum itu kamu perlu memantapkan hati, berikut ini 10 alasan mengapa melewatkan kesempatan student exchange itu hukumnya “haram” alias dilarang untuk dikerjakan.

#1 Pergi ke luar negeri itu butuh biaya yang gak sedikit, ketika ada kesempatan untuk bisa belajar dan melancong gratis kenapa gak dicoba

Pergi ke luar negeri itu berat di ongkos, ya gak? Belum lagi ngurus passport, visa dan segala tetek-bengeknya. Tapi kalau di hadapanmu ada jalan lebar yang siap ditempuh untuk mempermudah mimpimu itu, kenapa harus pikir-pikir dulu. Dengan mengikuti program student exchange kamu bisa belajar sekaligus melancong ke luar negeri dengan lebih gampang dan bahkan gratis!

#2 Karena alam terkembang jadi guru, berguru pada alam di belahan bumi yang lain akan berikan pelajaran yang berharga bagimu

alasan ikut student exchange
(international.ui.ac.id)
Ada satu falsafah yang digenggam erat orang Timur, khususnya Indonesia, yaitu belajar dari alam. Setiap jengkal bumi ini memiliki pengetahuan yang terpendam. Jumlahnya tidak terbatas, namun kemampuan manusia untuk menggalinya lah yang terbatas. Dengan ikut student exchange kamu bisa sedikit melompat dari batasan itu. Ketika kamu menginjakkan kaki di tempat yang baru, akan ada ilmu baru yang siap untuk kamu bawa pulang.

#3 Kamu bisa memaksa dirimu untuk menjadi pengguna bahasa asing yang aktif, karena kamu bisa bicara dengan native speaker

Belajar bahasa asing itu akan lebih gampang jika lingkungan mendukung. Kalau bisa ngomong langsung sama native speaker atau pemilik asli itu bahasa asing (pribumi) bakal lebih memacu kita dalam belajar dan memahami. Minimal, kita dipaksa untuk tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu kita, pasti bakal menegangkan banget. Kalau kamu mengikuti student exchange ke luar negeri, kamu bakal mengalami pengalaman yang menegangkan itu.

#4 Pengalaman belajar sesuatu di tempat lain akan memperkaya wawasanmu dan memperbesar semangatmu dalam menuntut ilmu

kenapa harus ikut student exchange
(untar.ac.id)
Ketika mengunjungi tempat baru kamu akan dihadapkan pada ruang ilmu yang lebih luas. Kamu akan sadar bahwa banyak sekali hal di dunia ini yang belum kamu ketahui. Dengan mengetahui itu kamu akan sadar bahwa kamu masih perlu belajar lebih banyak lagi demi memperkaya wawasanmu, dan hal itu tentu saja akan memperbesar semangatmu. Misalnya belajar mengapa bangsa mereka bisa lebih maju dan segala macamnya.

#5 Bisa mempelajari budaya orang lain akan membuka matamu bahwa dunia ini diisi oleh orang-orang yang sangat beragam

Dunia ini diisi oleh berbagai etnis. Setiap etnis dan bangsa memiliki ciri khas masing-masing. Yaitu ada keragaman budaya. Budaya orang Barat jelas beda dengan kita orang Timur. Bahkan, antar sesama orang Timur pun masih berbeda budaya. Pasti bakal asik kalau diberi kesempatan mempelajari budaya orang di belahan bumi yang lain. Kesempatan itu bisa kamu ciptakan dengan mengikuti program pertukaran pelajar.

#6 Bercengkrama dengan orang-orang baru atau orang asing akan mengubah cara berpikir dan sudut pandangmu terhadap sesuatu

keuntungan ikut student exchange
(lompatan.com)
Banyak orang bilang, ketika kita hanya bercengkrama dengan satu tipe orang, kita hanya bisa berpikir dalam satu sudut pandang. Namun, ketika kita bercengkrama dengan lebih banyak orang dengan tipe yang berbeda-beda, kita akan menemukan cara berpikir dan sudut pandang yang baru. Kita mau tidak mau harus berpikir terbuka, mencoba menelusuri cara pandang mereka meskipun terkadang kita harus tetap kukuh dengan apa yang kita yakini.

#7 Ikutnya kamu di student exchange bisa jadi kredit poin tersendiri bagi studi di sekolah ataupun kampus hari ini

Selain hal-hal di atas, student exchange juga bakal memberikan kredit poin yang bagus untuk nilai akademis kamu di kampus. Pengalaman exchange bisa diklaim sebagai kegiatan extrakulikuler atau lainnya yang akan menambah bobot poinmu dalam hitungan keaktifan seorang pelajar, baik siswa maupun mahasiswa.

#8 Selain itu kamu juga bisa mengenalkan budaya Indonesia kepada orang-orang yang kamu temui saat sedang melaksanakan pertukaran pelajar

(koran-sindo.com)
Tak hanya mempelajari budaya orang lain, pada saat program berlangsung kamu juga bisa memperkenalkan budaya kamu sendiri pada orang-orang yang kamu temui dalam program exchange itu. Budaya Indonesia itu unik, bagi orang luar hal itu akan menarik.

#9 Sembari belajar, kamu juga bisa melakukan kunjungan wisata ke objek-objek yang berdekatan dengan tempat di mana kamu menjalani exchange

Kalau kesempatan ke luar negeri tidak digunakan buat nyambi jalan-jalan ke tempat-tempat favorit bagi wisatawan, ya rugi. Meskipun ini bukan tujuan utamanya, tapi saat kamu tengah berada di luar negeri nanti, tidak ada larangan mengunjungi destinasi wisata dan mengambil sejepret dua jepret foto di sana.

#10 Ajang latihan sebelum menyambut datangnya pasar bebas global di mana semua orang seluruh dunia bebas bekerja dan bahkan berjualan di belahan bumi mana saja

The last but not least, ini poin yang sangat penting, bahwa dengan mengikuti pertukaran pelajar kamu akan dapat pengalaman yang sangat berharga yang dapat kamu gunakan sebagai modal untuk bersaing dalam pasar global nantinya. Saat ini memang baru pasar global ASEAN yang dibuka, tapi seiring berjalannya waktu akan menyusul area Asia dan seterusnya. Dan apabila saat itu tiba, kamu bisa pede dan berdiri sama tinggi dengan orang-orang dari negara lain dalam bersaing di kancah ekonomi bahkan juga budaya.

Nah Sobat Pelajar, sepuluh poin di atas adalah alasan mengapa kamu akan sangat rugi melewatkan kesempatan student exchange. Penulis sendiri nyesal pas kuliah dulu gak ngeh sama urusan yang satu ini. Pas udah tamat dan kuliah lagi barulah sadar, nasi sudah jadi bubur, tapi penulis percaya akan ada kesempatan lain untuk berkiprah di kancah internasional (lha, kok jadi curcol :/). Bagi kamu yang masih punya kesempatan untuk ikut student exchange itu, jangan pernah lewatkan ya. Coba saja, tak perlu ragu, manatahu itu rezekimu. Semoga beruntung.

Tentang Pengarang

Blogger Minang
Blogger Minang

Seorang kandidat doktor yang berasal dari kampung kecil di pinggiran pantai Sumatera Barat. Gemar menulis semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar. Blog ini adalah blog lama tentang kampus yang dipublikasikan lagi di bawah subdomain blog utama. Email: hafizulhaq.fadli@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar