Ad Section

Agroteknologi, Pengenalan dan Prospek Kerjanya

Agroteknologi, Pengenalan dan Prospek Kerjanya

Agroteknologi – Mungkin kamu pernah mendengar istilah “agroteknologi”, atau kadang disebut juga “agroekoteknologi”. Ia adalah salah satu disiplin ilmu di dalam rumpun ilmu pertanian. Di beberapa kampus, agroteknologi dibuka sebagai program studi yang ditawarkan pada mahasiswa.
Lebih lanjut, kita akan bahas terlebih dahulu pengertanian dari agroteknologi ini. Berasal dari dua kata yaitu agro dan teknologi. Agro berasal dari agronomi yaitu ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pertanian baik teori maupun prakteknya. Sedangkan teknologi sangat dekan dengan sains dan rekasaya. Jadi agroteknologi ini adalah rumpun ilmu pertanian yang mempelajari mengenai rekayasa dalam sektor pertanian.
Tapi, teknologi di sini bukan soal mesin-mesin lho, kalau itu mah teknik pertanian ilmunya, tapi lebih ke bagaimana kita merekayasa komoditas-komoditas tertentu dalam sektor pertanian. Misalkan, rekayasa bibit, proses pengolahan, proses panen hingga produksi pasca panen. Contohnya nih bagaimana membuat bibit unggul. Bagaimana menyingkat umur panen suatu tanaman pertanian. Bagaimana meningkatkan volume panen dan sebagainya.
Sederhananya, agroteknologi mempelajari bagaimana pengolahan bahan pangan dimulai dari mentah hingga panen dan hal-hal yang berkaitan dengannya seperti tanah sebagai media tanam, pupuk dan sebagainya.

Agroteknologi dan Prospek Kerjanya

Jika tadi kita sudah membahas mengenai pengenalan jurusan satu ini, sekarang kita akan singgung mengenai prospek kerjanya. Buat kamu yang sedang atau ingin kuliah di program studi ini tidak perlu khawatir karena Indonesia adalah negara maritim yang besar, lulusan ilmu pertanian tidak akan kehabisan lahan pekerjaan.
Lebih rinci, berikut prospek kerja jurusan ini yang bisa kamu teliti lebih dalam.

Akademisi dan Peneliti

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk berkuliah di jurusan satu ini, salah satu pekerjaan yang bisa kamu ambil ketika lulus nanti adalah menjadi akademisi atau peneliti. Hanya saja untuk bisa bekerja di dua sektor ini kamu tidak bisa berpuas diri dengan gelar diploma atau sarjana saja, kamu harus lanjut ke jenjang pascasarjana, S2 ataupun S3. Peluang menjadi akademisi dan peneliti pertanian itu besar karena sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia membuka prodi-prodi ilmu pertanian serta status Indonesia sebagai negara maritim “memaksa” negeri ini untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang pertanian.

Pengelola Perkebunan Pemerintah atau Swasta

Salah satu pekerjaan paling umum lulusan pertanian adalah menjadi pengelola perkebunan. Baik itu perkebunan milik pemerintah ataupun swasta. Di sektor perkebunan sendiri banyak pos-pos yang bisa diisi oleh pencari kerja, dimulai dari operator, pengawas dan sebagainya. Selain menjadi pengelola kebun pemerintah dan swasta, kamu juga bisa mengelola kebun pribadi atau milik keluarga.

Bekerja di sektor industri

Selain beberapa prospek kerja di atas, kamu juga bisa masuk ke industri-industri tertentu seperti industri pembenihan, pupuk, pestisida dan lainnya. Ilmu yang telah kamu pelajari di agroteknologi akan sangat dibutuhkan oleh industri tersebut.

Bergabung dengan balitbang

Sebagaimana yang kami jelaskan sebelumnya bahwa agroteknologi berkaitan dengan rekayasa pertanian, tentu tidak akan dapat dipisahkan dari yang namanya penelitian dan pengembangan dalam pertanian tersebut. Oleh karena itu, salah satu lapangan pekerjaan lainnya yang bisa kamu ambil yaitu pekerjaan di badan penelitian dan pengembangan (Balitbang) pertanian.

Konsultan Pertanian

Selain beberapa pekerjaan di atas, seorang lulusan agroteknologi juga dapat bekerja sebagai konsultan pertanian yang dapat menjadi mitra dari pengelola pertanian skala kecil hingga besar. Di samping itu, pekerjaan menjadi penyuluh pertanian juga dapat dilakoni, entah itu di lembaga pemerintah, swasta atau bahkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kamu kelola sendiri.

Wirausahawan

Tahukah kamu bahwa berkebun juga termasuk hobi yang digandrungi, terutama tanaman-tamanan mini hasil rekayasa yang dapat tumbuh di pot. Hal ini menjadi sebuah peluang usaha yang sangat potensial digandrungi oleh alumni jurusan ini.
Nah, itulah tadi penjelasan mengenai jurusan agroteknologi. Kita sudah membahas mengenai pengenalan hingga prospek kerjanya. Indonesia sebagai negara maritim yang besar adalah rumah yang layak bagi ahli-ahli pertanian yang mau berusaha dan berkreatifitas. Oleh karena itu, jurusan agroteknologi mutlak diperlukan dan umum dibuka hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Jadi, tertarik untuk gabung di agroteknologi? Tak ada salahnya untuk mencoba.[]

7 Alasan Ikut Himpunan Mahasiswa

7 Alasan Ikut Himpunan Mahasiswa

Alasan Ikut Himpunan Mahasiswa - Bicara tentang organisasi kampus, banyak jenis organisasi yang bisa seorang mahasiswa ikut. Bisa berupa komunitas hobi hingga ke sosial politik. Sebut saja Unit Kegiatan Seni, Beladiri hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Namun, selain semua itu ada yang sebenarnya sangat penting karena menjadi dasar, yaitu Himpunan Mahasiswa (HIMA).  Oleh karena itu, saya akan sedikit bahas beberapa alasan mengapa harus gabung HIMA.

Bicara tentang himpunan, kata "himpunan" itu bisa diartikan sebagai perkumpulan. Bisa perkumpulan apa saja, tapi umumnya di kampus himpunan itu berkaitan dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Selain itu ada juga HIMA kedaerahan dan sebagainya.

Nah, sebelum jadi lebih panjang, yuk kita bahas apa saja alasan ikut himpunan mahasiswa itu.

Alasan Ikut Himpunan Mahasiswa

Latar Belakang yang Sama

Salah satu alasan yang bisa mendorong seorang mahasiswa untuk bergabung dengan HIMA adalah  kesamaan dari latar belakang setiap anggota dan calon anggotanya. Namanya juga himpunan kan ya, dia bersifat lebih ekslusif dan terbatas untuk sebagian orang tertentu. Orang-orang itu bisa berada di departemen, jurusan, prodi yang sama. Mereka berasal dari kampung atau daerah yang sama. Kesamaan itu menjadi nilai tambah untuk bisa menjalin hubungan baik baik secara organisasi maupun secara interpersonal.

Keluarga Terdekat di Kampus

Meskipun banyak organisasi kampus dan mungkin lebih keren dari HIMA, tapi HIMA bisa dibilang sebagai keluarga terdekat saat di kampus. Kenapa demikian? Karena ruang lingkupnya yang kecil dan sesama anggota sering sekali bertemu, tidak hanya di kegiatan HIMA tapi juga di ruang kelas dan sebagainya menjadi HIMA serasa sebagai "rumah". Anggota-anggota di HIMA serasa sebagai keluarga juga.

Memperbanyak Kenalan dan Relasi

Selain beberapa alasan di atas, alasan lainnya yang bisa memperkuat niatmu masuk HIMA adalah untuk memperbanyak kenalan atau relasi. Ya, meskipun ruang lingkupnya kecil, tapi dengan ikut HIMA kamu bisa mengenal orang-orang baru sehingga menambah jumlah kenalanmu. Umumnya keanggotaan HIMA itu selamanya. Artinya, alumni-alumni juga masih terhitung sebagai anggota HIMA. Kamu bisa memakai identitasmu sebagai anggota HIMA untuk bisa menjalin komunikasi dengan lebih banyak orang, baik teman seangkatan, senior, junior atau bahkan alumni. Keren, bukan?

Bisa Membantu Studi atau Akademik

Mengikuti HIMA, utamanya HIMA Jurusan akan membukakan bagimu peluang untuk bisa memperkuat pengetahuan dengan bidang studi yang kamu ambil. Kamu bisa membuat kelompok belajar bersama anggota HIMA yang lain. Selain itu kamu juga bisa bertanya pada senior-senior yang sudah mengambil mata kuliah yang sedang kamu ambil. Dengan begitu, studimu akan terbantu dan nilai akademikmu bisa meningkat.

Membiasakan Diri Bersosialisasi

Salah satu keahlian yang dibutuhkan oleh seorang lulusan kampus disebut dengan softskill. Kemampuan ini bisa meliputi kemampuan bicara di depan umum, berkomunikasi, bersosialisasi, mempengaruhi orang lain dan sebagainya. Kemampuan ini tidak bisa kamu dapatkan di ruang kelas lho. Harus dicari dan ditempa di kegiatan ekstrakurikuler. Nah, dengan mengikuti HIMA kamu bisa belajar bersosialisasi dengan orang lain hingga meningkatkan kemampuanmu yang lain.

Bisa Lebih Dekat Dengan Dosen

Karena skop HIMA yang kecil, kegiatan yang dilakukan biasanya bekerjasama dengan pihak kampus seperti dosen dan lainnya. Banyak kok kegiatan HIMA yang melibatkan dosen di dalamnya. Sebagai contoh, diskusi akademik bersama dosen. Kegiatan-kegiatan seperti itu akan membukakan peluang bagi anggota HIMA untuk bisa kenal dan lebih dekat dengan dosen-dosen mereka di kampus.

Tempat Bertukar Pikiran dan Bersantai

Rutinitas kuliah seringkali membuat kita bosan dan capek, untuk itu kita butuh tempat untuk bertukar pikiran, bersantai atau melepaskan uneg-uneg. Oleh karena itu, alasan ikut himpunan mahasiswa terakhir yang bisa saya bagi adalah sebagai tempat bertukar pikiran dengan sesama anggota. Sebagai mahasiswa, mungkin kamu punya ide-ide menarik dan brilian tapi gak bisa dikerjakan sendirian, membagikannya di HIMA adalah pilihan yang baik. Pun ide tentang memajukan daerah, bisa disampaikan di himpunan kedaerahan. Diskusikan lalu eksekusi. Eksekusi dengan mengajak anggota HIMA yang lain untuk terlibat. Terus, kalau kamu jadi anggota HIMA, pas ada jam jeda kuliah bisa tuh nongkrong dan santai di sekretariat HIMA--daripada harus bolak-balik ke kos, lebih hemat bukan?

Baca juga: 10 Alasan Mengapa "Haram" Melewatkan Kesempatan Student Exchange

Nah, itulah beberapa alasan ikut himpunan mahasiswa yang bisa saya bagi hari ini. Temukan lebih banyak inspirasi mengenai kampus di blog ini. Jangan lupa like, share and saskret--emang channel YouTube? Ha, becanda. Tapi yang satu ini gak becanda: pastikan dirimu berusaha menjadi mahasiswa yang gak cuma kuliah-pulang kuliah-pulang saja. Ambil lah peran di berbagai kegiatan seperti oragnisasi kampus dan komunitas lain selama itu bermanfaat. Dan yakinlah, ada banyak hal baik yang bisa kamu dapatkan dengan hal itu. Salam semangat.

9 Bukti Mahasiswa Farmasi Itu Unik, Pantang Menyerah dan Punya Karakter Kuat

9 Bukti Mahasiswa Farmasi Itu Unik, Pantang Menyerah dan Punya Karakter Kuat

Jadi mahasiswa farmasi itu banyak suka dan dukanya. Tidak hanya pusing akibat mikirin beban perkuliahan, seringkali mahasiswa farmasi harus dipusingkan oleh banyak hal lainnya. Baik itu yang terkait dengan hal akademis atau bukan. Banyaknya amanah tersebutlah yang membuat mahasiswa farmasi menjadi pribadi yang berkarakter dan berwibawa. Juga terampil dalam memecahkan setiap masalah yang merundungnya. Dan yang paling penting adalah sosok mahasiswa yang punya karakter kuat.

Ngomong-ngomong soal mahasiswa farmasi, ada banyak hal unik yang dapat mahasiswa fakultas lain pelajari dari kehidupan calon-calon apoteker masa depan ini. Berikut beberapa hal unik seputar mahasiswa farmasi. Menurutmu, apakah ini fakta atau mitos?

#1 Terancam menderita stress syndrome dini di awal-awal perkuliahan karena saking banyaknya tugas dan laporan ini dan itu

Bagi mahasiswa baru (maba) farmasi, masa-masa santai di kampus hanyalah pada masa orientasi. Sebab ketika hari pertama kuliah dimulai, mereka harus menerima kenyataan pahit mengenai jalur perkuliahan yang harus mereka tempuh. Informasi mengenai praktikum ini dan itu. Tugas dan laporan ini dan itu. Belum lagi materi-materi kuliah yang bikin puyeng dengan buku yang tebalnya setebal bantal. Alhasil, hal itu membuat mereka tersentak kaget, namun meskipun begitu semuanya tetap harus dijalani. Suatu amanah yang harus diselesaikan meski berdarah-darah.

Ilustrasi perjalanan kuliah anak farmasi

#2 Punya kesabaran yang lulus standar mutu, saat perkuliahan dan tetek-bengeknya selalu memburu, sekian hafalan yang seakan bikin kepala pecah dan asisten praktikum yang selalu marah-marah

Kesabaran anak farmasi itu sudah teruji, saking terujinya bahkan sudah standar mutu. Perkuliahan yang berat sudah hal yang biasa dan tidak akan memadamkan semangat mereka. Banyaknya hafalan dan kamus tebal sudah jadi teman keseharian. Belum lagi asisten yang marah-marah saat praktikum dan nyiyir bilang "awas hati-hati, alat ini mahal, alat itu mahal" itu sudah hal yang lumrah bagi mereka. Mereka punya cara untuk survive dalam emosional dengan itu semua.
Makanan sehari-hari anak farmasi (via farmasetika.com)

#3 Meskipun jumlah mahasiswa laki-laki tidak seberapa, tapi untuk kualitas jangan ditanya, selalu bisa diandalkan buat ngegaja yang perempuan dengan sebaik-baiknya

Perbandingan cewek dan cowok farmasi itu berkisar antara 1:4 sampai 1:20, dengan kata lain farmasi adalah jurusan yang langka cowoknya. Dalam seratus mahasiswa bisa jadi hanya ada 6-10 cowok. Namun meskipun cowok farmasi itu sedikit, untuk kualitas mereka tidak perlu ditanya. Kurang tangguh apa coba, bisa jagain puluhan bahkan ratusan teman cewek. Terutama ngejagain teman-teman cewek mereka dari modus para cowok-cowok teknik. #Uppss
Coba hitung berapa cowoknya (via http://ask.fm/ddisaa/best)

#4 Mahasiswa farmasi adalah tipikal orang yang sangat hati-hati dalam bertindak di kesehariannya, apalagi saat praktikum, soalnya banyak alat-alat praktikum yang mahal

Uniknya anak farmasi itu, mereka adalah tipikal orang yang sangat hati-hati dalam bertindak. Pantang untuk ceroboh dan asal jadi. Semuanya mesti dalam perencanaan dan perhitungan. Contohnya pada saat praktikum, ketika berhadapan dengan kuvet, piknometer dan polarimeter. Termasuk juga hati-hati dalam menjaga diri agar tidak melukai orang lain baik secara verbal maupun non verbal.
(via http://farmasi.uniga.ac.id/fasilitas/laboratorium)

#5 Anak farmasi itu sangat tahu caranya bersyukur, soalnya dapat nilai C di kuliah saja sudah sangat bersyukur, apalagi kalau bisa dapat nilai A bisa jadi selebrasinya pakai sujud syukur

Anak farmasi bukan tipikal orang yang neko-neko. Mereka adalah orang yang apa adanya. Pantang menyerah dan bersyukur dengan apa yang mereka miliki. Contohnya ketika nilai akhir mata kuliah keluar, meski dapat nilai C mereka sudah sangat bersyukur. Apalagi kalau dapat nilai A, bisa pakai sujud syukur segala selebrasinya--saking sulitnya mendapatkan nilai di jurusan mereka.
Susah dapat IP gede

#6 Punya mental yang sudah sangat terbukti, apalagi bagi yang perempuan, saat harus melawan phobia dengan menyentuh, menyuntik dan membedah mencit

Cewek farmasi gak boleh manja. Gak boleh keganjenan. Mereka harus tangguh dan berani melawan ketakutan. Atau kegelian. Mencit adalah sejenis makhluk pengerat yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mahasiswa farmasi. Meskipun takut, meskipun geli, yang namanya untuk kepentingan studi yang namanya mencit pada akhirnya harus disentuh, disuntik dan dibedah juga. Kalau sama mencit sudah gak takut lagi, sama kecoa masih takut gak ya?
Mau diapain mencitnya mbak? (via ariesadhar.com)

#7 Pernah atau bahkan sering ditanya orang "obat X gunanya buat apa?", dan kemudian menjelaskan dengan baik dan benar penuh kesabaran

Kamu belum jadi mahasiswa farmasi sejati kalau belum pernah ditanya sama orang umum apa kegunaan obat tertentu. Paling gak sekali dalam masa kuliahmu. Mungkin ditanyain sama keluarga atau bahkan calon mertua. Atau seseorang yang ketemu di angkot. Atau tukan ojek dan tukang rujak. Dan setiap pertanyaan serupa yang ditujukan padanya, anak farmasi selalu siap untuk menjawab anak-anak pertanyaannya seperti "bagaimana dosisnya", "apa efek sampingnya" dan macem-macem.
Ditanyain begini udah biasa :)

#8 Anak farmasi yang cewek adalah sosok cewek yang tangguh, karena kekurangan cowok di jurusan kadang pekerjaan-pekerjaan berat terpaksa mereka lakukan

Kurangnya cowok di jurusan farmasi terkadang membuat cewek farmasi melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Misalnya membuatkan kandang untuk kelinci, mengangkat jerigen aquades ukuran 20 liter dan macam-macam. Dan pekerjaan-pekerjaan itu adalah bukti bahwa cewek-cewek tangguh selama di kampus, dan pastinya akan lebih tangguh lagi jika menjadi seorang ibu nanti.
Cewek farmasi itu cewek tangguh (via idntimes.com)

#9 Punya dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan meskipun harus membuat mereka begadang dan kadang juga luput memperhatikan penampilan

Hal terakhir yang tak kalah penting yang membuat anak farmasi itu punya karakter yang kuat adalah dedikasinya terhadap pekerjaan. Ketika masa praktikum berjalan, anak farmasi bakal betah banget di lab untuk menjalani tugas. Bahkan ketika di rumah atau di kosan mereka kerap begadang juga karena tugas. Mereka sudah terlatih untuk menjalankan amanah tugas dan ini akan sangat berguna di dunia kerja atau pascakampus nantinya. Hari ini boleh jadi anak farmasi tampak lusuh dan kucel, tapi setelah tamat nanti orang-orang bakal terkejut.
Pengenalan farmasi kepada anak-anak (via pikiran-rakyat.com)

Terkait dedikasinya, pekerjaan rumah anak farmasi itu masih sangat banyak, seperti pengenalan dunia farmasi pada anak-anak saat dini. Dan yang paling susah, adalah membuat masyarakat paham posisi apoteker dalam dunia medis itu bukan cuma tukang ngambilin obat dari resep dokter. 

Kesimpulannya nih, farmasi itu unik. Dengan segala lika-likunya, mahasiswa farmasi dididik menjadi sosok yang pantang menyerah dan berkarakter yang kuat. Itulah mengapa lulusan farmasi sangat baik jika dijadikan partner kerja dan juga partner hidup (uhuk,.. uhuk,..). Setidaknya dengan membaca ini kamu yang bukan anak farmasi jadi tahu garis besar karakter anak farmasi itu. Dan, kamu yang anak farmasi jadi paham bahwa kamu itu beda dan istimewa jadi jangan pernah lelah dalam mencapai cita-cita.

Jika Sahabatmu Punya 10 Sifat Ini, Pertahankan dan Jangan Pernah Lepaskan

Jika Sahabatmu Punya 10 Sifat Ini, Pertahankan dan Jangan Pernah Lepaskan

Pelajar.me – Selain keluarga, sahabat adalah orang yang paling berharga dalam hidup kita. Sahabat adalah orang yang selalu ada buat kita baik saat suka maupun duka. Pokoknya sudah kayak saudara dan keluarga sendiri. Deket. Deket banget. Sampai gak ada saling rahasia-rahasiaan lagi. Tapi, tidak semua sahabat yang merupakan sahabat sejati.

Berikut ini sifat seorang sahabat sejati, jika sahabatmu punya sifat-sifat ini, pertahankan ia sekuat tenagamu. Jangan pernah lepaskan!

#1 Dia sering berkata pedas sama kamu, tapi pedasnya itu gak ada niat melukai melainkan karena dia peduli dan gak mau terjadi hal yang buruk sama kamu

Gak manis-manis mulut tapi super care
Beda sahabat sama teman itu salah satunya adalah omongannya. Kalau teman dia masih ada segannya sama kamu, tapi kalau sahabat gak lagi. Seringkali omongan sahabat kita terdengar pedas, tapi itu lebih baik saat dia jujur apa adanya dan pedasnya omongannya itu justru untuk menjaga kita. Misalnya nih, pas kamu lagi deket sama seseorang yang dia tahu hanya akan memanfaatkanmu, sahabat sejati tanpa banyak pertimbangan bakal larang kamu secara blak-blakan.

#2 Dia yang mungkin tidak selalu bersama kamu setiap waktu, tapi dia selalu tahu apa yang kamu lakukan dan apa yang terjadi padamu bagaimanapun caranya

Sahabat baik itu mungkin memang tidak bisa selalu bersamamu setiap waktu, sebab ia punya kesibukannya sendiri, dan kamu pun begitu juga. Tapi, dia selalu mempunyai cara untuk mengetahui apa yang terjadi padamu di waktu kalian tidak bersama. Dan dia siap dipanggil dan memberikan bantuan setiap kali kamu butuh uluran tangan.

#3 Lebay banget ngelarang ini itu, nyuruh ini itu, saat tahu kamu lagi sakit padahal cuma demam karena kurang vitamin aja

Suka khawatir berlebihan
Kadang suka lebay banget. Padahal kamu cuma demam dikit, tapi dia khawatirnya terlalu. Ngelarang ini dan itulah. Nyuruh ini dan itu. Bahkan karena saking nyiyirnya dia sampai lupa kalau yang kamu butuhkan sebenarnya cuma istirahat saja. Bukan macem-macem.

#4 Gak bisa tinggal diam saat dengar kamu dilecehin, dijahilin, dijelekin, dijahatin sama orang lain. Bahkan kalau perlu dia ajak berantem orang itu

Pantang banget bagi seorang sahabat sejati menyaksikan sahabatnya dilecehin atau diapa-apain sama orang lain. Harga diri sahabatnya adalah harga dirinya juga. Saat sahabatnya sakit, dia sakit juga. Maka, wajar jika dia sampai berani ngajakin berantem orang yang jahatin kamu meskipun sebenarnya hal itu tidak perlu. (Agar gak jadi berantem dan bermusuhan, kamu mesti beri pengertian sama sahabatmu.)

#5 Dia yang gak cuma deket saat kamu lagi banyak uang, tapi dia yang justru nawarin pinjaman atau traktiran meskipun kalian sama susahnya

Sahabat sejati
Sahabat sejati itu suka banget belagak punya banyak uang, padahal gak. Saat kamu membutuhkan bantuan ia bakal rela membagi uang simpanannya. Entah itu statusnya minjam, ngasih atau gimana. Yang jelas, dia gak bakal ninggalin kamu meskipun kamu tidak punya apa-apa. Sebab, persahabatan sejati tidak memandang materi.

#6 Dia yang gak malu nyeritain masalahnya sama kamu, bahkan meskipun itu adalah masalah pribadi seperti masalah keluarganya

Salah satu penilaian apakah persahabatan kita dengan seseorang sudah baik itu adalah seberapa terbuka kita dengan dia. Ketika sahabatmu sudah terbuka bahkan masalah pribadinya kepadamu, itu berarti dia sudah mempercayaimu dan yakin kamu bisa membantu mencarikan solusi atau minimal meringankan masalahnya. Kalau kamu menemukan sahabat yang seperti itu, jangan pernah khianati kepercayaan yang sudah dia beri itu.

#7 Saat kamu lagi down dia selalu support kamu, dia bisa bikin kamu tertawa bagaimanapun caranya, meski ia harus bertingkah konyol demi membuatmu kembali tersenyum

Saling support
Jadi konyol tak masalah. Seperti badut pun tak masalah. Satu-satunya masalah terbesar bagi dia adalah membiarkan kamu dirundung masalah. Dia tidak ingin kamu jatuh atau down karena masalah yang menimpamu. Oleh karena itu sebisa mungkin ia akan menghiburmu agar kamu dapat tersenyum dan melupakan sejenak masalahmu. Hingga kamu terbuka padanya dan kalian mencari jalan keluar bersama.

#8 Dia yang bukan tipe orang yang menusukmu dari belakang, tapi menamparmu dari depan, saat kamu berbuat kesalahan

Bedanya sahabat dengan teman biasa itu adalah kalau teman biasa besar potensi menusukmu dari belakang tapi kalau sahabat tidak akan tega melakukan itu. Dia justru tega menampar kamu dari depan, tujuannya adalah agar kamu sadar saat kamu membuat kesalahan dan agar kamu bisa memperbaiki diri lagi.

#9 Mulutnya tertutup rapat dari membicarakan keburukan-keburukan dan rahasiamu kepada orang lain, yang terbuka lebar untuk mengabarkan kebaikanmu pada orang lain

(bahasa.aquila-style.com)
Bukan sahabat namanya jika ia malah mengumbar keburukan dan rahasiamu yang ia ketahui. Sahabat itu adalah mereka yang mulutnya tertutup dari membicarakan keburukanmu, namun terbuka saat membicarakan kebaikanmu kepada orang lain.

#10 Tentu juga dia yang mengajakmu kepada kebaikan dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Semakin dekat kamu dengannya, semakin dekat pula kamu dengan-Nya

Sifat terakhir dan yang paling penting adalah, sahabat sejati adalah dia yang dengan sabar mengajakmu kepada kebaikan. Mengajakmu mendekatkan diri kepada Tuhan. Menceramahimu. Menasehatimu. Sebab ia tidak ingin persahabatan kalian hanya sebatas di dunia saja, melainkan juga di surga nantinya.

Mencari sahabat baik itu tidaklah mudah. Sahabat baik layaknya mutiara di laut terdalam. Ia amat sangat berharga sehingga akan sangat rugi jika kamu kehilangannya. Oleh karena itu kamu perlu menjaga dengan baik sahabat baikmu. Jika sahabatmu punya 10 sifat di atas tadi, pertahankan dan jangan pernah lepaskan. Ia adalah salah satu malaikat dunia yang Tuhan kirimkan kepada kamu.

Share dan tag sahabat baikmu agar mereka tahu bahwa bagimu mereka sangat berharga.

50 Kutipan Motivasi Belajar yang Dijamin Bangkitkan Semangat Belajarmu

50 Kutipan Motivasi Belajar yang Dijamin Bangkitkan Semangat Belajarmu

Pelajar.me - Munculnya rasa malas dalam belajar itu memang hal yang biasa. Sebagai manusia biasa, kita tentu rentan mengalami jenuh. Namun, kalau malasnya keterusan dan akhirnya banyak pekerjaan yang terlalaikan, bisa bahaya juga. Oleh karena itu kamu perlu mencari motivasi agar bangkit lagi. Khususnya dalam membangkitkan motivasi belajar.
motivasi belajar
Tumbuhkan Motivasi Belajar

Nah, 50 kalimat atau kutipan sakti dari berbagai tokoh di dunia ini dijamin bakal bisa bangkitin semangat belajarmu. Yuk, dibaca dengan seksama.

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. ~ QS.Al-Mujadalah:11

Barangsiapa yang keluar dari kediamannya demi menuntut ilmu pengetahuan, ia berada di jalan Allah hingga ia kembali atau pulang. ~ HR. Tirmidzi

Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat. ~ HR. Muslim

Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri cina. ~ HR. Anas bin Malik

Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu. Nicaya Allah memudahkan jalannya menuju syurga. ~ HR. Muslim & Tirmidzi

Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan. ~ Imam Syafi'i

Tugas kita bukanlah untuk berhasil, tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil. ~ Buya HAMKA

Belajar adalah proses penemuan secara terus-menerus tanpa akhir. ~ Bruce Lee

Beri aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar. ~ Andrea Hirata

Pendidikan adalah senjata paling kuat yang dapat digunakan untuk mengubah dunia. ~ Nelson Mandela

Aku akan belajar mempersiapkan diri, dan suatu hari peluangku akan datang. ~ Abraham Lincoln

Sebaik-baiknya orang yang kalah adalah yang belajar untuk menang di kesempatan berikutnya. ~ Carl Standburg

Dunia menjadi terbuka kepadaku ketika aku belajar untuk membaca. ~ Mary Mcleod Bethune

Belajarlah karena kerja keras tidak akan berkhianat. ~ Anonim

Belajarlah dengan giat, karena kerja keras mengalahkan bakat. ~ Anonim

Pendidikan adalah kemampuan untuk mendengarkan hampir semuanya tanpa kehilangan kesabaran atau kepercayaan dirimu. ~ Robert Frost

Akar pendidikan itu pahit, tapi buahnya manis. ~ Aristoteles

Siapapun yang terlalu banyak membaca dan terlalu sedikit menggunakan otaknya akan jatuh ke dalam kebiasaan malas berpikir. ~ Albert Einstein

Pendidikan adalah teman terbaik. Seorang yang terdidik akan dihargai di manapun. Pendidikan mengalahkan kecantikan dan masa muda. ~ Chanakya

Keseluruhan tujuan dari pendidikan adalah untuk merubah cermin menjadi jendela. ~ Sydney J. Harris

Satu-satunya orang yang terpelajar adalah yang telah belajar bagaimana cara mendengar dan merubah. ~ Carl Roger

Seorang anak yang tidak terdidik adalah anak yang tersesat. ~ John F. Kennedy 

Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup; pendidikan adalah kehidupan itu sendiri. ~ John Dewey

Kembangkan sebuah passion untuk belajar. Jika kamu melakukannya, kamu tak akan pernah berhenti tumbuh. ~ Anthony J. D’Angelo

Aku adalah bagian dari segala sesuatu yang telah aku baca. ~ Theodore Roosevelt

Pendidikan adalah pelindung kemerdekaan yang lebih baik daripada tentara. ~ Edward Everett

Pendidikan adalah pergerakan dari kegelapan menuju cahaya. ~ Allan Bloom

Ketika aku mendapatkan sedikit uang aku membeli buku; dan jika ada yang tersisa aku membeli makanan dan pakaian. ~ Desiderius Erasmus

Pernikahan bisa menunggu, pendidikan tidak. ~ Khaled Hosseini, A Thousand Splendid Suns

Orang terpelajar berbeda dengan yang tidak, seperti berbedanya orang hidup dengan orang mati. ~ Aristoteles

Pendidikan memang tidak menjamin sukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan ini menjadi lebih sulit. ~ Mario Teguh

Katakan padaku dan aku akan lupa, ajarkan padaku dan aku bisa ingat, libatkan aku dan aku belajar. ~ Benjamin Franklin

Lelah dalam belajar itu biasa, tapi jangan menyerah dalam belajar. Orang yang tidak punya cita-cita bagaikan burung tanpa sayap. ~ Anonim

Ilmu itu ibarat air, apabila ia mengalir ia dapat menghidupkan dan dapat memberi manfaat, apabila ia diam ia dapat mematikan dan menyebabkan berbagai penyakit. ~ Pelajar.me

Orang terpelajar menggunakan waktu luangnya untuk belajar, bukan untuk hal yang tidak bermanfaat. ~ Anonim

Tujuan sebenarnya dari pendidikan adalah untuk membentuk pola pikir, bukan karir. ~ William Deresiewicz

Pengetahuan adalah harta karun yang akan mengikuti pemiliknya kemanapun juga. ~ Anonim

Dia yang membuka pintu sekolah, menutup sebuah penjara. ~ Victor Hugo

Kapasitas untuk belajar adalah hadiah, kekuatan untuk belajar adalah kemampuan, namun kemauan untuk belajar adalah pilihan. ~ Brian Herbert

Pendidikan bukanlah seperti mengisi sebuah ember melainkan menyalakan sebuah api. ~ William Butler Yeats

Ketika anda mengetahui lebih baik, anda melakukan lebih baik. ~ Maya Angelou

Tidak ada lift atau elevator untuk mencapai sukses, yang harus anda lakukan adalah menaiki tangga. ~ Anonim

Masa depan adalah milik orang-orang yang mempersiapkan diri untuk itu. ~ Anonim

Pendidikan adalah hadiah yang tidak dapat diambil oleh siapapun dari diri anda. ~ Anonim

Buku adalah jendela dunia, belajar dan membaca adalah kunci untuk membuka dunia itu. ~ Anonim

Pendidikan adalah kunci untuk membuka dunia, sebuah passport untuk kebebasan. ~ Oprah Winfrey

Banyak hal yang kamu baca, banyak hal yang kamu tahu. Banyak hal yang kamu pelajari, banyak tempat yang dapat kamu kunjungi. ~ Dr. Seuss

Membaca adalah jalan bagiku untuk meluaskan pikiran, membuka mata dan mengisi hatiku. ~ Oprah Winfrey

Membacalah agar kau mengenal dunia, dan menulislah agar dunia mengenalmu. ~ Anonim

Belajar adalah jalan untuk melepaskan diri dari jeratan kebodohan dan untuk menyelamatkan diri dari kemelaratan. Sebab ilmu adalah harta yang tidak bisa dinilai dengan angka-angka. ~ Pelajar.me

Belajar memanglah suatu pekerjaan yang rentan dihinggapi kebosanan, tapi jika kita tidak belajar kita akan menjadi orang-orang yang tertinggal. Semoga 50 kutipan motivasi belajar di atas bisa membuat Soba Pelajar lebih bersemangat lagi dalam belajar. Sebarkan juga artikel ini agar lebih banyak yang tergugah dan bersemangat.

30 Foto Epik Perjuangan Sekolah yang Bakal Bikin Kamu Menyesal Pernah Malas-malasan

30 Foto Epik Perjuangan Sekolah yang Bakal Bikin Kamu Menyesal Pernah Malas-malasan

Pelajar.me - Sobat Pelajar, mungkin kamu pernah mendengar bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara. Hal itu termaktub dalam suatu pasal di UUD 1945, yaitu pasal 31. Tapi meskipun demikian, meski pemerintah dengan sekuat tenaga telah membuka sekolah atau madrasah di daerah-daerah kecil, mutu pendidikan di kota dan di sana tentu tidaklah sama. Bahkan, perjuangan untuk sekolah bagi para pelajar di daerah, jauh lebih sulit dan menggugah.

Berikut kami lampirkan 50+ foto-foto perjuangan sekolah dari berbagai daerah di penjuru Indonesia, yang pastinya setelah melihat foto ini kamu akan benar-benar menyesal telah malas-malasan dengan pendidikan yang telah kamu dapatkan hari ini.

Batu Busuk, Pauh, Padang

Batu Busuk adalah sebuah desa kecil di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Daerah ini adalah daerah di kaki-kaki bukit. Akses ke sana cukup jauh dari jalan utama, bagi penduduk sekitar yang ingin ke pedalaman Batu Busuk mesti mengendarai sepeda motor sebab mobil tidak bisa masuk terlalu dalam. Berikut foto-foto perjuangan pelajar tangguh di sana. Tapi syukurlah, jembatan yang dilalui anak sekolah di gambar di atas saat ini sudah diperbaiki dan dapat ditempuh dengan cara yang normal.


Desa Sangiang Tanjung

Desa Sangiang Tanjung terletak di Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten. Setiap ingin berangkat sekolah, anak-anak desa ini harus menempuh perjalanan yang melewati sungai dengan bantuan jembatan yang sudah rusak parah. Ini adalah jalan terdekat yang bisa mereka tempuh, ada jalan lain namun mereka harus memutar dan menambah waktu perjalanan selama 30 menit agar bisa sampai ke sekolah. Jembatan yang dilalui pada foto ini hancur setelah banjir pada tahun 2012. Namun kini jembatan itu sudah diperbaiki oleh perusahaan tembaga negara sehingga mereka dapat berangkat sekolah dengan ceria.




Desa Suro ke Desa Plempungan

Apa jadinya jika sekolah yang kamu tuju berada di kampung yang berbeda dengan tempat tinggalmu? Sudah gitu, perjalanan ke sana jauh dan medannya sulit. Mungkin kamu akan malas berangkat ke sekolah, tapi anak-anak ini paham betul pentingnya pendidikan dan mereka sama sekali tidak pernah kepikiran untuk menyia-nyiakan kesempatan itu.

Suro adalah dusun kecil yang terletak di Kabupaten Karanganyar dan Plempungan adalah dusun yang terletak di Kabupaten Boyolali, dua daerah di Jawa Tengah. Dua desa ini dihubungkan oleh sebuah jembatan gantung setapak peninggalan Belanda. Jembatan yang sudah berumur itulah yang menjadi jalan anak-anak Desa Suro yang bersekolah ke Desa Plempungan. Jembatan ini sempat viral di internet namun pembangunan jembatan pengganti permanen baru saja dimulai beberapa waktu belakangan. Kita doakan cepat selesai ya.




Ranomeeto Barat

Ranomeeto Barat adalah sebuah desa di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Anak-anak sekolah di sini terpaksa menyebrangi kai yang berukuran sekitar 45 meter setiap kali hendak sekolah. Hebatnya, perjuangan yang sulit itu tidak membuat mereka malas untuk berangkat sekolah. Tampak di foto puluhan siswa sedang menyebrangi kali, ada pula yang menggendong temannya. Foto ini diambil ANTARA pada Selasa (17/5/2016) saat para siswa harus melintasi sungai demi menuju sekolah untuk melaksanakan Ujian Nasional. Setiap kali hujan lebat dan air kali meluap, dipastikan anak-anak luar biasa ini meliburkan diri.


Foto-foto lainnya mengenai perjuangan sekolah anak-anak Indonesia yang tak kalah menggugah

Suasana sekolah yang amat sangat terbatas di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur yang merupakan daerah perbatasan dengan Malaysia.

Potret perjuangan siswa berangkat ke sekolah di Desa Sumua Bana, Padang Pariaman, Sumatera Barat (diambil pada tahun 2013)

Perjuangan berangkat sekolah ternyata bukan apa-apanya, perjuangan belajar di sekolah yang seadanya juga butuh tekad belajar yang amat sangat kuat. Foto-foto ini adalah foto sekolah di SDN 1 Giri Jagabaya, Sinar Jaya, Lebak, Banten. Dijepret pada tahun 2013, beda sekian puluh tahun dari cerita sekolah muhammadiyah nya Laskar Pelangi, tapi kondisinya tidak jauh berbeda.


Perjuangan belum usai, kamu mungkin tidak pernah tahu jika banyak anak-anak di Indonesia ini yang harus berjuang keras untuk bisa ke sekolah. Foto-foto berikut ini adalah foto perjuangan anak Indonesia ke sekolah yang dilansir oleh UNESCO, bidang PBB yang konsen ke pendidikan dan budaya.
Masih SD tapi sudah praktek ilmu kesetimbangan benda tegar



Celananya di simpan di tas biar gak basah

Ayam yang dibawa anak ini mungkin saja hadiah untuk gurunya


Biarlah terpelesetku ini menjadi saksi

Jalan kita masih panjang

Jangan sampai sepatu basah


Dan ini adalah foto-foto dari Timur Indonesia, yaitu daerah Papua. Lihat semangat mereka.




Bersyukurlah kita

Sobat Pelajar yang baik hatinya. Pernahkah kamu mendengar kata-kata bijak bahwa hidup yang kita keluhkan barangkali adalah hidup yang orang lain impikan? Masa sekolah dan kuliah kita, yang menurut kita sulit dan macem-macem, barangkali itu bukan apa-apa jika dibandingkan dengan orang di luar sana yang berjuang mati-matian demi mengecap pendidikan.

Tengoklah gambar-gambar yang barusan kamu lihat tadi. Adakah menurutmu raut keputus asaan di wajah-wajah mereka? Kamu jauh lebih beruntung dari mereka, tapi kamu mungkin kurang bersyukur saja. Semoga dengan postingan ini semakin tergugah semangat menimba ilmu pengetahuan kita hendaknya. Dan semoga, semakin tahun berjalan, semakin baik pendidikan Indonesia. Aamiin.

So, jangan pernah malas-malasan. Berjuanglah sekuat tenaga karena masa depan Indonesia ada di tangan kita.